Mangkal di atas awan katanya – @Taman Buah Mangunan, Jogja

duh mbak, mangkal di atas awan
duh mbak, mangkal di atas awan

Taman Buah Mangunan, yup, tempat yang lagi hits beberapa waktu terakhir berkat pemandangan dari puncak yang “memang beda” kalo lagi berkabut. Kalau kata orang kayak mangkal di atas awan gitu kalo kabutnya pas..haha… Btw pertama kali aku ketempat ini sekitar 4 tahun lalu, kala itu masih belum rame bahkan aku dateng pagi-pagi udah kayak orang ilang. Kemaren aku kesitu untuk keempat kalinya pas kisaran lebaran ramenya naudzubillah dah, seru kelihatannya pada kesini sama pasangan, foto di atas kabut seolah-olah lagi disuatu tempat didunia lain milik sendiri gitu..wkwk..

Jadi Taman Buah Mangunan ini letaknya di daerah Dlingo, Bantul. Kalo dari jogja bisa lewat imogiri atau patuk. Sekitar 20KM dari titil nol jogja kalo via imogiri, kalo dari rumahku (deket patuk) kisaran 30-50an menit doang pake sepeda motor. Jalannya udah enak, aspal halus. Bahkan mobil & motor bisa dibawa naik sampe puncak walau jalan mendekati puncak rada hancur, ada tempat parkirnya pula di puncak..haha..

Biaya masuk kompleks taman buah 5rb, biaya parkir motor 3rb kalo nggak salah.. cheap laa.. 🙂

Daerah mangunan ini juga sekomplek (deket-deket gitulah) sama area wisata di hutan pinus. Jadi misal ke mangunan bisa sempatin sekalian ke hutan pinus ada panggung yang ditengah hutan itu, puncak becici..dll… lumayan sekali dayung bisa dapet beberapa tempat wisata disini..haha…

Btw tadi aku bilang kesitu untuk keempat kalinya, nah pertama kali aku kesitu dulu pas bulan juli 2012 kondisinya biasa aja. Pemandangannya biasa banget malah, gersangss coy, karena kebetulan juga pas musim kemarau kala itu. Lihat aja dibawah ini nih:

Jaman kemarau
Jaman kemarau
Ini tempat buah lihat dari puncak pas kemarau
Ini tempat buah lihat dari puncak pas kemarau

Kedua kalinya aku kesitu dalam rangka outbond. Btw coba bandingkan foto diatas dengan foto dibawah ini kalo pas musim hujan lumayan jadi ijo2:

Musim Hujan - via google
Musim Hujan – via google

4 tahun kemudian, juli 2016 aku kesini lagi pas jaman-jaman lebaran kemaren. Ketiga kalinya kesini pas 2 hari sebelum lebaran, berangkat dari rumah jam 5an setelah subuh, sampe Mangunan sekitar 5:45. Kala itu cuma dapet kabut tipis, jam 7an udah naik kabutnya mau ilang..haha.. Keren sih emang ini tempat kalo pas berkabut gitu. Apalagi pas berkabut melewati hutan pinus bisa jadi rada2 mirip silent hill gitu kali yak..wkwk… btw bandingkan foto diatas dg foto dibawah ini pas masa libur lebaran, ramenya bree…

Kabut tipis.. duhh ramee
Kabut tipis.. duhh ramee.. awas overexposure ada cahaya terang di pojok kiri bawah..wkwk (pisss)
ramenya jengg libur lebaran..haha..
ramenya jengg libur lebaran..haha..

Setelah lebaran… kesitu lagi..wkwk… kebetulan belum puas juga karena sebelumnya merasa dapet kabut tipis sama ada temen dari luar daerah mau kesini juga, sekalian jadi penunjuk jalan..haha… Usut punya usut katanya kabut tebal disini bakalan muncul kalau di malem hari-hari sebelumnya ada hujan atau gerimis. Jadi misal hari senin malem ada gerimis, mungkin selasa paginya bakal ada tuh kabut tebel. Tapi kalo senin hujan deres banget dan lama, mungkin saja malah nggak ada kabut selasa paginya. Terus pas kesana ternyata kabutnya super tebel bener, sampe mendekati jam 9 bahkan kabutnya masih ada, jadi ibaratnya di sebelumnya kesini kekurangan kabut, kalo yang sekarang kabutnya sampe tumpeh-tumpeh..haha.. 😀

Duh.. dingin ya dek kabut tebel gini ^_^
Duh.. dingin yak kabut tebel gini ^_^
bawa drone mantab nih disini
kalo bawa drone mantap nih sepertinya
tebel bener bree
tebel bener bree
ntaps..
ntaps..
pol-polan kabutnya..haha..
pol-polan kabutnya..haha..

Kepikiran kesana kalo bawa drone pas dapet moment bagus gitu mantab kali yaa… serasa terbang diatas awan gitu ^_^ … Btw di Mangunan spot buat lihat kabut nggak cuma di satu tempat diatas itu doang, ada juga kok kayak panggung-panggung kecil yg dibuat diatas pohon buat mangkal gitu. bisa nikmati kabut dari situ juga. Seru kali yaa nikmatin kabut, udara dingin sejuk pagi hari gini, angin sepoi-sepoi puncak mangunan…hmmm…. orang-orang yang biasanya hidup di kota besar yang biasanya hirup asap pasti demen banget nih sama suasana kayak gitu 🙂 Apalagi kalo moment kabutnya pas, terus ditemenin sama seseorang gitu.. duhh mantab yaaa…. Dibawah ini nih kira-kira menurutku ketika porsi kabutnya pas.. nggak kebanyakan, nggak kurang, kabutnya bakalan pas nutupin aliran sungai jadi seolah-olah dibawah itu ada sungai susu yang mengalir…yeahh…

Pass kabutnya - via mbk. Monica
Pass kabutnya – via mbk. Monica
Advertisements

One thought on “Mangkal di atas awan katanya – @Taman Buah Mangunan, Jogja

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s