Month: September 2015

Gimana Caranya Ikut ASC/WSC? [ASEAN|World Skills Competition]

Best of Nation Worldskills 2015
Best of Nation Worldskills 2015

Asean | World Skills competition adalah kompetisi kejuruan mulai dari food, fashion and creative design, IT, manufacturing, construction, transportation dan macem-macem yang diadakan 2 tahun sekali, Asean di tahun genap, WorldSkills di tahun ganjil. Pesertanya adalah orang-orang muda (<22 tahun), biasanya sih disebutnya young profesional 😀 . Asean Skills sendiri cakupan regionnya negara-negara ASEAN, sedangkan WorldSkills adalah di level dunia yang diikuti sekitar 70an negara kalo nggak salah. Tiap tahun jumlah negara yang ikut semakin bertambah. Btw sederhananya ASC/WSC ini adalah ‘next levelnya’ dari Lomba Kompetensi Siswa SMK (kayak OSN kalo di SMA).

Tahun ini, baru saja kelar WorldSkills 2015 di Sao Paulo-BR. Indonesia mengirimkan 32 kompetitor dari 30 bidang lomba. Nah tahun depan ada ASC 2016 bakal diadakan di Kuala Lumpur-MY, lalu WorldSkills 2017 bakalan di Abu Dhabi-UEA. Terus gimana cara ikutnya??? ini aku bahas path dan ketentuan buat Continue reading “Gimana Caranya Ikut ASC/WSC? [ASEAN|World Skills Competition]”