VMWare Networking Concept [Bridged, NAT, Host Only, LAN Segment]

diagram-b

Beberapa saat lalu dapat pertanyaan dari teman mengenai konsep network adapter yang ada di VMWare Workstation. Disitu ada Bridged, NAT, Host Only dan LAN Segment. Kayaknya network adapter di VirtualBox juga konsepnya mirip sih dengan VMWare (rada lupa, lama ga pake VBox). Nah misal paham konsep network adapter di VMWare ini minimal bisa diterapin buat bikin simulasi yang lebih keren, misal simulasi VMWare+GNS3, VM di bridging ke jaringan real, atau gabungin skenario VM konek internet dan GNS3.

Secara garis besar di VMWare Workstation ada 4 jenis network adapter (aku sebutin diatas) yang bisa dipake oleh Guest VM. Tiap-tiap jenis punya karakternya sendiri-sendiri. Misal pada gambar diatas ceritanya ada VM1-VM6 itu adalah Guest VM, terhubung dengan vm network adapter yang beda2 jenisnya (sesuai warna). Berikut penjelasan ala setauku:

*Terminologi :

Host VM = PC yang melakukan virtualisasi, PC yang jalanin VMWare

Guest VM = Virtual machine dalam VM

Outside network, jaringan luar, jaringan real = jaringan yang terhubung dengan interface fisik Host VM

Virtual network = network dalam VM atau dalam simulasi

  1. Bridged

Bridged sederhananya adalah ngebridging Guest VM ke jaringan real (maksudnya jaringan yang terhubung secara langsung dengan interface fisik Host VM). Jadi seolah-olah Guest VM menjadi PC yang nyata ada di jaringan real. Misal di jaringan real (yg terhubung dg Host VM) ada DHCP maka Guest VM ini bakal dapet DHCP juga. Flow traffiknya seperti pada gambar diatas, yaitu dari Guest VM bisa berhubungan langsung dengan perangkat di jaringan real dan juga sebaliknya.

Lalu Bridged defaultnya adalah automatic, tapi kita bisa setting juga mappingannya. Misal contoh settingan VMWare laptopku dibawah ini aku mapping VMNet0 dengan GigabitEthernet (wired) sedangkan VMNet1 dengan Wireless.

1a

  1. NAT

NAT konsepnya adalah Host VM akan mentraslasikan traffic dari NAT ke luar. Jadi Guest VM yang menggunakan network adapter NAT maka akan dapat berhubungan dengan perangkat-perangkat di network real tapi source IPnya akan ditranslasikan ke IP Host VM. Sedangkan dari luar tidak akan bisa menghubungi Guest VM karena dari luar hanya kenal sampai IP Host VM.

  1. Host Only

Host only adalah koneksi yang dapat digunakan untuk menghubungkan Guest VM dengan Host VM. Host VM akan membuat virtual adapter yang digunakan untuk berhubungan dengan Guest VM. Di Host Only ini ada fitur service DHCP bawaan juga yang bisa dienable/disable.

  1. LAN Segment

LAN Segment bisa di add and remove seenak jidat, dipake buat segmentasi jaringan virtual, tapi hanya dapat digunakan oleh Guest VM dan fungsinya setauku emang bener-bener dipake buat segmentasi doing, tidak ada service DHCP atau apapun bawaan. LAN segment juga tidak dapat terhubung dengan Host VM.

LAN Segment

Summary :

Kita coba lihat dari LAN Segment, intinya buat segmentasi secara virtual, tidak berhubungan dengan VM Host.

Lalu di Host Only itu seperti LAN Segment tapi kita dapat membuat virtual network adapter di Host VM sehingga Host VM dapat berkomunikasi dengan Guest VM. Di Host Only kita juga bisa menggunakan service DHCP bawaan VMWare.

Lalu NAT, seperti Host Only, tapi dengan fitur NAT, sehingga Guest VM dapat terhubung dengan jaringan luar dengan model NAT.

Lalu Bridged maka Guest VM akan terhubung dengan jaringan luar (jaringan yang terhubung dengan Host VM) secara langsung, sehingga Guest VM seolah-olah dikenali sebagai perangkat yang nyata. Perangkat dari jaringan luar juga bisa berhubungan dengan Guest VM secara langsung.

Nah silahkan coba-coba, dari konsep diatas sebenernya bisa dikembangin simulasinya, seperti yang aku bilang sebelumnya bisa aja kita kombinasiin VMWare kita dengan GNS3 supaya di lab ada bisa sekalian cobain perangkat Cisco (ASA, Router, Switch), Mikrotik, Juniper..dll. Lalu konekin internet sekalian dengan Bridge atau apa gitu. Contoh seperti dibawah ini.

GNS3a

Sekalian cerita ahh, dulu jaman aku kerja di ISP, pernah aku bikin simulasi MPLS pake GNS+Client di VMWare terus dikonekin dengan MPLS di GNS3 yang di laptop temenku. Jadi belajar MPLS rame-rame gitu…haha..

3 thoughts on “VMWare Networking Concept [Bridged, NAT, Host Only, LAN Segment]

  1. gan g mana caranya supaya vmware konek gns3
    ketika sy menghubungkan device dengan kabel itu tidak bisa malah muncul kata sperti ini :
    Error while creating link: Attachment ‘hostonly’ is configured on network adapter 0. Please stop VMware VM ‘solosrv-1’ to link to this adapter and allow GNS3 to change the attachment type.
    minta sarannya

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s