Fakta : Hubungan Antara Bunderan UGM, GSP-Rektorat, Keraton Jogja, dan Gunung Merapi

tyaskyesti.blogspot.comAda yang udah ngerasa “ngeh” belum hubungan antara Bunderan UGM, GSP (Graha Sabha Pramana) UGM, Gunung Merapi, dan Keraton dengn Gunung merapi?? dulu aku hampir satu tahunan di UGM, tiap hari lewat bunderan UGM, lewat pintu masuk selatan itu..ehhh… baru nyadar pas naik motor dari gramedia kotabaru ke arah bunderan UGM kalo ternyata desain arsitektur dan penempatan bangunan itu………… dengan merapi :matabelo:

Yup!! Segaris lurus! Awalnya aku cuma nebak doang kalo antara bunderan UGM, GSP, dan merapi itu segaris lurus sekilas dari pandangan doang, iseng aku cek di map, coba aku bikin garis lurus dari bunderan UGM ke puncak merapi dan bummm….. ternyata memang benar segaris lurus coy!!

Bunderan UGM-GSP-Merapi
Bunderan UGM-GSP-Merapi

Gilee, siapa dulu ini arsiteknya, bisa aja bikin beginian :matabelo:, alhasil, kalo pas cerah, ambil foto dari bunderan UGM ke arah GSP, dengan angle (lelga) yang pass… viewnya keren euy, Seolah-olah kesannya itu UGM dibacking oleh Merapi yang terlihat gahar gitu, ditambah suasana asri jalan 2 ruas antara gerbang UGM sampai lapangan Graha Sabha :matabelo:. Masih belum percaya? atau kurang jelas?? coba perhatikan gambar dibawah ini versi zoom dari garis yang aku buat diatas

Bunderan UGM-GSP-Merapi
Bunderan UGM-GSP-Merapi

Nah kelihatan bener kan memang segaris. Lalu bagaimana dengan keraton? kalo ditarik garis lurus lagi dari keraton Jogja (yang deket alun-alun utara itu), maka garis itu akan mewati UGM (ya iyalah, UGM di jalan kaliurang), dan garis ini “hampir” searah dengan garis yang dari bunderan-merapi. Paling kalo dihitung detail meleset beberapa derajat doang (sedikit doang kayaknya). Nah lebih keren lagi sebenernya kalo ternyata Keraton-Bunderan UGM-GSP-Rektorat-Merapi segaris lurus, iyaa nggak? 🙂  tapi meleset dikit..haha.. tak apalah.

Garis dari Keraton ke Merapi
Garis dari Keraton ke Merapi
Keraton-Merapi dg Bunderan-GSP
Keraton-Merapi dg Bunderan-GSP

Keren bukan?? homina homina homina…. :matabelo:… aku googling foto dari bunderan UGM yang anglenya pas gitu kok masih langka yaa. Entah pada belom nyadar apa memang pada nggak minat foto :3 sekilas foto nih dari sekitar bunderan UGM, view arah GSP-Merapi

aqua-bel.blogspot.com
foto dari aqua-bel.blogspot.com
tengakarta.wordpress.com
foto dari tengakarta.wordpress.com
url
foto dengan angle terbaik, sayang resolusi kecil :3

44835746

 

7 thoughts on “Fakta : Hubungan Antara Bunderan UGM, GSP-Rektorat, Keraton Jogja, dan Gunung Merapi

  1. bukannya garis lurus itu bisa dipusatkan kemana saja?
    radius gunung merapi yg hanya 1 titik memang seharusnya jika disejajarkan dengan garis lurus akan tetap lurus bila mengikuti radius dari titik pucak tersebut ya ka?

    1. kalau yang ditarik garis lurus antara 2 titik ya memang begitu, tapi disini ada 3 titik. misalnya yang Bunderan UGM – GSP – Merapi. Dari situ kan kalo dipecah akan muncul 2 garis lurus, yaitu GSP-Merapi, dan Bunderan Merapi. Nah dikatakan segaris karena kedua garis itu….. 🙂
      lalu yang Keraton-Merapi, acuan ketiganya adalah garis daru Bunderan-GSP

      Betul kan?? hehe…

      btw dengan siapa nih? salam kenal yaa 🙂

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s