Jangan Ngaku Pernah Ke Jogja Kalo Belum Pernah Kesini!!

DSC_0122

Salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalo traveling ke Jogja. Kenapa “Wajib”? lhaa ini tempat ada di tengah kota, gampang dicapai, mau cari hiburan ada, cari oleh-oleh ada, pasar tradisional adaa, mall ada juga, museum/wisata sejarah ada, wisata sains ada.. bahkan sampe wisata yang mendekatkan diri ke neraka pun ada (you know what i mean)…haha… Semua itu tadi ada dalam 1 kompleks tempat!! keren kan?? 🙂

map

cuwit cuwitt..
cuwit cuwitt..

Yup betul, Malioboro!! Kawasan yang membentang dari Stasiun Tugu sampai titik Nol Kilometer Jogja, kawasan buat borong oleh-oleh, buat nongkrong, buat jalan-jalan, refreshing… yaa begitulah spesialnya 🙂 . Oke mulai dari atas ada Stasiun Tugu. Cucok kan, turun dari Kereta langsung dihadapkan berderet tempat wisata, cucok juga mampir kesini dulu buat dari oleh-oleh sebelum balik kalo naik kereta. Aku rekomendasiin juga kalo cari oleh-oleh kuliner macem bakpia gitu bisa di belakangnya Malioboro, sebelah baratnya, di Jalan Bhayangkara, disitu ada toko-toko makanan yang enak nan murah meriah. Sekotak Bakpia isi 20 biji paling 15-20an ribu, aku pernah beli di daerah situ enak-enak, di beberapa toko disediakan juga makanan buat tester 🙂

Lanjut dari stasiun tugu, mau cari penginepan, bagi yang berduit pengen di hotel, tepat di selatan stasiun tugu ada Hotel Mulia, dan lain-lain. Mau hotel lebih di daerah malioboro ada hotel Inna Garuda, Ibis, Mutiara..dll (kagak tau gw ratenya berapa, belom pernah coba).. nah kalo mau soping-soping, di deket-deket hotel ini ada Malioboro mall, Ramai Mall, dan berderet toko ala Malioboro.

Kalo mau cari penginepan yang murah meriah, mari ke “Jl. Sosrowijayan”, atau kata orang “Gangnya Traveler”…haha… kurang murah gimana, lhawong ratenya mulai dari 30 ribu sehari-semalam…wkwk… mantab kan?? atau di gang tepat sebelahnya hotel Mutiara juga ada beberapa penginepan murah. Pernah gw dulu cobain penginepan 30ribuan, atau 40an ribu berdua, mayanlah buat numpang istirahat sambil ngecas HP 😀

Sosrowijayan, Malioboro sebelah utara
Sosrowijayan, Malioboro sebelah utara

Lanjut di sekitarah malioboro sebelah utara. Ada tempat yang namanya Pasar Kembang, alias Sarkem. Nah kalo mau nambah-namnah dosa monggo kesini, aku juga belom pernah kesini, tempatnya kek gimana aku juga belom tau :3 . Pokoknya ini ibaratnya gang doli di surabaya gitu deh :v

Lanjut ke maliboro sebelah selatan, disitu pasar Beringharjo yang katanya pasar tradisional terbesar di jogja, ada Wisata Benteng Vredeburg, benteng yang katanya tinggalannya belanda (kalo ga salah). Disini kalian bakal nemuin tembok, tembok, dan tembok..haha.. tapi ada meriamnya, peninggalan jaman dulu dan lainnya juga sih. Sampingnya ada Taman Pintar, tempat yang bakal bikin lu tambah pintar 😀 . Aku pernah masuk ke situ, paling inget di taman pintar itu ada Rumah Gempa, yaitu kayak rumah kecil gitu, kita bisa masuk kedalemnya, terus kayak tiba-tiba gempa gitu jd keinget kala 27 mei lalu :3. Terus disana ada Dinosaurusnya juga, tau deh sekarang udah punah belom.

Disampingnya dikit lagi ketemulah titik 0 KM (enol kilometer) Jogja, tempat buat nongkrong disini mah. Malem-malem nongkrong disini, sambil nyruput Wedang Ronde, apalagi ditemenin pasangan hidup atau konco kenthel, mayan lahh buat refreshing,, ke selatan dikit lagi ada keraton, alun-alun utara, masjid agung, museum kereta, tamansari, alun-alun kidul, area gudheg wijilan…nah loh, gile kan.. berderet tempat wisata 🙂 berhubung kali ini fokusnya di daerah maliboro, kagak ane bahas deh itu, terlalu jauhh, capek gw nanti..haha..

Oke, kembali ke malioboro yang katanya tempat aneh-aneh, mulai dari tempat jualan, sampai meng-ekspresikan diri, ada apa aja sih disini.. Pokoknya bisa dibilang lengkap deh, cari pakean… buanyak, mulai dari kaos 15ribuan di deretan depan toko maliboro banyak. Cari makanan banyak juga mulai dari makanan ala Angkringan, nasi kucing, wedhang jahe, gudheg sampe KFC, MCD, J’Co ada.. Nah yang seru kalo kesini menurutku pas Sore, karena biasanya kalo sore ditambah ada semacem kelompok musik yang main pake angklung dll di pinggir jalan gitu, pakai alat musik sederhana nan tradisional (kagak pake listrik maksudnya), tapi kerenn bener, suwer.. kayak dibawah ini nih penampakannya :

Keistimewaan lainnya adalah disini buanyak Andong dan Becak. Jadi kalo males keliling jalan kaki, silahkan pakai saja jasa mereka. Rata-rata cukup murah kok. Misal kalo mau cari oleh-oleh, mereka biasanya cuma nawarin 5ribu doang udah diatar ke tempat oleh-oleh makanan di jalan Bhayangkara, lalu lanjut ke Dagadu kalo mau cari kaos, lalu ke tempat Batik, lalu kembali ke tempat asal kalo mau… cuma 5ribu doang. Tapi biasanya aku nggak tega kalo cuma bayar 5ribu, karena jauh juga euy mereka bawa muter-muter, jadinnya biasanya aku kasih 15-20an ribu..walopun katanya mereka juga dapet komisi dari toko yang jual oleh-oleh juga sih.wkwk…

Andong.. Kudya!!
Andong.. Kudya!!
Kring kring kring ada becak
Kring kring kring ada becak
Sante dulu bangg..
Sante dulu bangg..

Ohh iya, monggo kalo mau beli oleh-oleh disini sekalian ngelatih kemampuan tawar menawar. Tapi gw jamin, kalo kamu beli kaos di deret orang jualan depan toko, yang 15 ribu dan 30 ribuan itu, gw jamin mereka nggak bakal nurunin harga kalo cuma beli 2 biji doang, paling mereka mau nurunin harga “dikit” kalo beli 3 biji atau lebih. Mereka sangat susah buat minta nurunin harga karena memang udah standar kesepakatan mereka harga jualnya segitu. Jadi mbok sampe mencret kamu nawar yaa lihat aja sendiri..haha…

Kalo mau teliti lagi, disini kalian juga bakal nemuin pakean yang aneh-aneh, mulai dari kaos dan pakean anak kecil, kaos dengan design sablonan yang aneh-aneh, mulai dari yang kalem sampe nyleneh kayak dibawah ini adaa. Kumpluk, batik, blangkon, macem-macem miniatur bisa ditemukan juga disini 🙂 Yaa begitulah gambaran daerah maliboro dan sederet tempat wisata yang cucok bgt buat dikunjungi kalo ke Jogja, gw jamin rada aneh traveling ke jogja kalo nggak ke area malioboro ini 😀

Wasyu..!! :v
Puancen Wasyu, Wasyu Sila, Wasyu Kabeh..!! :v

Referensi foto kalo dari web lain noh : http://jogjatrip.com/id/206/Kawasan-Malioboro

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s