[JOGJA] Jalan Sepi Cocok Buat Kebut-kebutan atau bersantai

Track ke Pantai Baron via Imogiri-Siluk-Panggang
Track ke Pantai Baron via Imogiri-Siluk-Panggang

Yakk siapa yang suka-kebut-kebutan?? di jogja ada beberapa jalan yang “enak” nih buat kebut-kebutan atau bersantai karena sepi dan jalannya mulus semulus pahanya ceribel :p . Aku sendiri kalo naik motor di jogja, kalau tracknya enak kadang di kisaran 70-100Kph, rata-rata di 80an. Kata ibuku sih segitu termasuk ngebut, tapi banyak juga yang lebih parah dari aku..haha.. 😀

Nah aku ada track rekomended nih kalo mau ‘narik gas’ yang nyaman, di Jalur selatan jogja-kebumen (kulon progo), jalur arah baron via imogiri-siluk-panggang, ring-road selatan, sama jalan jogja-wonosari selepas pasar wonosari 🙂 Sebagai pembuka, gambar diatas itu adalah jalan di daerah Saptosari selepas panggang, mantab kan?? 😀 aspal mulus, sepi, pemandangan kiri kanan yang oke punya ^_^

1. Arah Baron via Imogiri timur – Siluk – Panggang

Selepas imogiri timur menuju siluk-panggang bakal nemu jalan aspal cukup mulus, sepi, naik turun gunung tapi..haha.. plus pemandangan yang oke punya, kiri-kanan seperti hutan gitu, apalagi pas di jalan sekitar puncak gunung, kelihatan deh pemandangan dibawahnya yang ijo royo-royo. Selepas Panggang hingga kompleks pantai Baron jalan lebih enak lagi, terkesan lebih lebar dengan kiri-kanan persawahan dan bukit kapur khas gunung kidul. Total jarak sekitar 43KM, lumayan puas lah bisa dilahap sekitar 1 jam 🙂 . Nah aku saranin kalo lewat jalan ini banyakin doanya karena sepanjang jalan sepi tidak ada tambal ban, kalopun sampe ban Bocor!! Habislah!!…haha… Perhatikan peta dibawah ini, di bagian tengah perjalanan terlihat hijau semua kan tuh, nah itu isinya macem hutan gitu..hihihi…

Peta Jalur
Peta Jalur
Sepi lengang, mantab selepas Panggang
Sepi lengang, mantab selepas Panggang
daerah Paliyan, gunung kidul
daerah Paliyan, gunung kidul
daerah siluk, kiri kanan seperti kebun & hutan
daerah siluk, kiri kanan seperti kebun & hutan

2. Jalan Wonosari selepas Pasar Wonosari (mulai daerah Semanu)

Track kedua, Jalan wonosari selepas Pasar wonosari, atau gampangnya sebelah selatan, mulai kisaran semanu. dijamin disana jalannya juga mulus nan sepi, dan juga cukup aman karena walaupun sepi tapi bakal cukup sering kita temui warung makan, dan rumah penduduk. Jadi misal ternyata ada halangan ban bocor, bensin kritis atau apalah, lebih terjamin 🙂 . Sebenernya agak kebawah dikit mulai kisaran hutan Bunder jalan sudah mulai sepi sih.. semakin keatas (selatan) semakin joss 😀 Berikut gambarannya

Daerah Hutan bunder
Daerah Hutan bunder
Hutan mbunder
Hutan mbunder
Jogja-Wonosari
Jogja-Wonosari
Wonosari dalam
Wonosari dalam

3. Jalur Selatan dari Srandakan – Cilacap (Paling recomended)

Nah ini nih track terpanjang dan terlurus. Mau main Drag disini nih mantab kali. Luruuuuusssss bgt dari Srandakan sampe Kebumen, setelah kebumen rada belok2 terus ada jalan lurus lagi. Perkiraan jaraknya Srandakan-Glagan sekitar 20KM (lingkaran orange di peta), Glagah-Kebumen sekitar 60an KM (lingkaran pink), daerah cilacap kurang tahu, Aku baru coba sampe Jl. Daendeles, daerah purworejo..hehe… Mantab memang jalur selatan ini, kayaknya kontras sama jalur utara..haha… Mumpung masih sepi mongg dinikmati, karena beberapa tahun kedepan “pasti” bakal rame, karena di kulonprogo rencananya bakal dibuka Bandara internasional, tepatnya daerah temon-glagah.

Srandakan - Glagah - Purworejo - Kebumen - Cilacap
Srandakan – Glagah – Purworejo – Kebumen – Cilacap
Srandakan - Glagah
Srandakan – Glagah
Daendeles sepi..
Daendeles sepi..

4. Ring-Road Selatan hingga Ring-Road Timur (tepatnya tenggara sih)

Jalur ‘agak’ dalam kota kalo yang ini. Agak ekstreem memang, kalo nggak hati-hati kecelakaan bisa parah nih. Jalurnya enak, 4 jalur, antara motor dan mobil dipisah. Makanya enak buat ngebut, walaupun jam sepinya paling cuma kisaran siang doang 🙂 .  Disini pake motor buat nyentuh angka 100Kph nggak terlalu sulit 🙂 . Nggak begitu recomended sebenernya ngebut didaerah sini, karena agak rame, jadi selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain. Kalo di Track siluk-panggang, srandakan-glagah-daendeles diatas kan setidaknya yang dibahayakan ‘diri sendiri’ karena sepi. Makanya tetep hati-hati yaa di jalan. Ingat belum nikah lohh, ingat keluarga dirumah 🙂

Ring Road
Ring Road

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s