EIGRP Neighborship – Hello Inverval & Hold Down Timer

Flapping konyol :v
Flapping konyol :v

Pelajaran hari ini, EIGRP about neighborship. Dalam dynamic routing ada yang namanya neigborship, yaitu hubungan a router dengan router tetangganya, yaa mirip-mirip lah kayak hubungan kita tetanggaan dalam masyarakat. Emang dasarnya teknologi itu kalo menurutku terinspiransi dari kehidupan makhluk hidup kan ya..haha… Dynamic routing kan dia ngebentuk tabel routing dari info-info yang didapet dari router lain, nah si router-router ini pada mau bertukar informasi kalo sudah “akur” doang, akur maksudnya adjacent/establish, kalo belum akur yaa belum mau berbagi info dia. Nah untuk mencapai kondisi adjacent ini ada beberapa faktor yang harus dipenuhi. Tiap Routing protocol ada perbedaan faktor-faktor penentu itu. Nah kalo di EIGRP antara lain harus konek dulu (ya iyalah :v), AS harus sama, Security juga harus match, Passive interface, Timer juga harus beres, MTU kecukupan. Nah kali ini yang bakal ane bahas mengenai Timer dulu (Hello Interval & Hold Down Timer).

Jadi kisahnya kalo EIGRP itu, ketika pertama kali dia aktif EIGRP Processnya, dia bakalan nge-multicast hello packet ke interface yang aktif EIGRPnya. Interface yang aktif EIGRPnya itu yang ip addressnya match sama command ‘network ……….’ (gw bingung jelasin bagian ini..haha). Nah dengan hello packet tadi dia nge-discover kemungkinan siapa sih yang bisa jadi neighbor, lalu nemu, lalu nyocokin faktor-faktor penentu tadi, kalo nggak cocok yaudah nggak adjacent, kalo cocok maka saling bertukar info-lah mereka 🙂 . Like a human relation concept yaa 😀

Nah selain buat discover, hello ini juga dipake buat keep alive, buat ngetahui apakah si tetangga masih idup apa kagak. Hello ini dikirimkan secara berkala, by default setiap 5 detik sekali. Nah kalo Hold-down timer itu rentang waktu kalo si router nggak menerima hello packet dari si router tetangga yang biasanya ngirip hello, maka link menuju router tetangga  itu dinyatakan meninggal dunia alias unreachable. By default hold-down ini 3x hello interval alias 3x5sec=15sec. Kalo di link yang lambat, serial misal, kecepatan cuma sampe 1544kbps doang biasanya hello di 60s, holddown di 180s.

Di EIGRP, si router yang nentuin hello interval buat dia sendiri, nentuin holddown juga buat dia sendiri. Jadi bebas router satu dg router lain bisa beda-beda settingan Timernya, kagak kayak OSPF yang musti match, beda dikit nggak adjacent -_- . Contoh dibawah ini :

EIGRP Timer
EIGRP Timer

Si R1 bakal ngasih tau ke R2 “oi oi R2, kalo selama 9 detik (holddown) gw kagak nyapa lu, maka lu anggep aja link ke arah gw dah mati ye”. Si R1 bakal “nyapa” (ngirim hello message) ke R2 setiap 3 detik sekali. Nah kalo si R2 dia juga ngasih tau R1, kalo R1 kagak nerima hello dari R2 selama 50 detik maka R1 akan menganngap link ke arah R2 dah tumbang. R2 bakal ngirip hello ke R1 setiap 16 detik sekali.

Nah ngapain belajar beginian, toh by default dah jalan dengan baik (hello 5s, holddown 15s). Yaa namanya orang kurang kerjaan…haha… Eits, jangan salah kita bisa adjust timer ini supaya convergence lebih cepat & agressif atau lebih lambat & toleran. Misal kasusnya R1 punya 2 link, yang satu cepet dan stabil, yang satu lebih lambat dan kurang stabil. nah kalo yang lambat dan kurang stabil itu kita kasih waktu ketat (cepet), misal hello 1s hold 2s kan bisa mampus tuh. Hubungan Neighborshipnya bisa up down up down alias flapping dong. Makanya kita longgarkan timernya, misal hello jadi 10s, holddown 30s. Sedangkan link R1 yang satunya lagi cukup cepat dan stabil, kita beranikan set timer lebih ketat supaya convergence dan link fail detect lebih cepet, misal di hello 3s dan holddown 9s. Begindang tujuannya om tante 😀

Kasihlah contoh dibawah ini :

EIGRP Timer Testing
EIGRP Timer Test

Contohnya antara R1 dan R3 kita set hello dan holddown timer sama, yaitu hello 10s dan holddown 30s (ingat defaultnya hello 5s, holddown 15s). Loh kenapa sama? katanya tadi boleh dibikin beda? bentar deh, tuh kan yang R1 sama R2 beda, sabar dikit napa -_-

Nah yang R1-R2, di R1 kita set hello 3s, holddown 9s, sedangkan di R2 default, berarti hello 5s, holddown 15s. Gimana nih kalo beda? yaa si R1 bakal detek “kehidupan” si R2 berdasarkan holddown si R2 yaitu 15s, sedangkan R2 ngedetect R1 berdasarkan holddown R1 yaitu 9s. Jadi misal R1 down, maka R2 perlu paling lama 9s untuk mengetahui bahwa R1 koid, sedangkan R1 perlu waktu paling lama 15s untuk ngedetek R2 koid.

****ketika Router menerima hello message, maka holddown timer bakal reset nilainya, lalu count down terus sampe dapet hello, lalu reset lagi. kalo nggak dapet hello ya dia countdown, kalo dah sampe 0 ya si neighbor dinyatakan matek.

Buat ngonfig timer bisa di subconfig interface yang berhubungan dengan neighbor. Berikut nih aku tunjukkin confignya :

R1 Timer Config
R1 Timer Config

Yang R2 coba config sendiri yee… tuh confignya mirip2 gitu tinggal sesuain angkanya doang :p

ip hello-interval eigrp ASN timer

ip hold-time eigrp ASN timer

Nah dari konfig di R1 itu bisa kita lihat nih hasilnya di R2 dengan show ip eigrp neighbor. Perhatikan bagian “hold”, dia nilainya countdown terus sampe dapet hello lalu reset ke nilai awal lagi. holddown 9 second dan hello interval 3 second hasil konfig diatas. nilai holddown 9 second, countdown sampe nilai ke 6, lalu dapet hello, reset lagi ke 9, 3 detik kemudian (nilai 6), dapet hello lagi, reset lagi… dst… 🙂

show ip eigrp nei
show ip eigrp nei

Nah, katanya holddown kan count down, kalo 0 maka neighbor dianggep mati, kalo dapet hello nilainya reset. Coba sekarang kita iseng, kita coba nilai holddownnya lebih kecil dari hello, misal hello 20s tapi holddown 5s. Loh kok gitu? nanti count downnya habis duluan dong sebelum dapet hello, statusnya kedetek mati dong? yupp betul, secara teori harusnya sih gitu, mari kita buktikan.

eigrp timer R1-konyoldan yakk… hasilnya… betul ternyata, dia kehabisan holddown, lalu beberapa saat dapet hello dia up lagi, kehabisan holddown, dapet hello, up lagi (tengok gambar dibawah). nah kondisi seperti ini yang namanya Flapping alias updown-updown (kayak resleting, updown..wkwk). Nah makanya kita bisa adjust berapa nilai hello & holddown yang cucok. Perbandingan default 1:3 sebenarnya sudah mantab, paling tidak ada 3x kesempatan mengirim hello sebelum holddown time habis, kalaupun 2 hello ternyata loss karena linknya jelek setidaknya masih ada 1x kesempatan hello tersisa. ato kalo paranoid akut ya kasih aja hello per 5 second tapi hold down 300 second alias 5 menit..wkwk… 1:60, tapi yaaa kalo link fail beneran dia detect lama bingit, sampe 5 minit, mampus lah waktu segitu bisa diomelin pelanggan…haha….

Flapping
Flapping

Oke dah, sekian tulisan panjang kali lebar yang mungkin jarang kepake di lapangan….haha…. karena penasaran aja makanya iseng aku pelajari, kali aja nanti bisa dipake buat ngisengin teman…haha…

Jadi intinya adjust timer bisa mempengaruhi convergence time, fail detect time. Adjust it depend on your link speed, stability..dll…. ok, may be next post i will write about other factor like security option, MTU or what… that’s all, thank you 😀

Advertisements

One thought on “EIGRP Neighborship – Hello Inverval & Hold Down Timer

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s