iBGP Loopback Peering, Router Reflector & Neighbors Grouping on Cisco IOS-XR

yeayWhy Loopback Interface for iBGP Peer? Loopback interface will “never” down although physical interfaces are down, that’s why it will be better we use Loopback for iBGP peering in a network which have multiple path redundant link, it make your BGP Neighborship more stable Β with it redundant link than use physical peering. It’s will be so sensitive in ‘need high-availability’ network, like BGP for MP-BGP in MPLS Networks πŸ™‚ (betol nggak tuh aku pake grammarnya??haha)

Jadi begitulah kenapa iBGP loopback peering, kelebihannya, kondisi penerapannya dan contoh penerapannya gimana. Ok next, beginilah topologi untuk skenario kali ini :

1 topoSkenarionya adalah R1 dan R3 akan peering ke R2 dengan menggunakan Loopback 0. iBGP menggunakan ASN4800. R2 berlaku sebagai Route Refletor. Di R2 kita grouping neighbor ke R1 dan R3 karena attributnya sama, yaitu pake loopback, ASN sama, update source sama juga..haha… Hasil akhirnya adalah semua IP loopback maupun fisik di masih-masing router bisa saling ping πŸ™‚

Di R1 dan R3 konfig sederhana, peering loopback intinya pastika IP Peer reachable, entah gimana caranya bisa pake static routing, atau dynamic routing IGP macem OSPF, EIGRP, RIP. Lalu define Update-source dari loopback, wajib hukumnya ini! kenapa? karena kalo tidak didefine update sourcenya maka by default router bakal pake IP terdekat dengan peer, misal di R1 peer ke R2, kalo nggak di define update sourcenya ya by default dia pake IP terdekat dengan peer yaitu IP dari interface Gi0/0/0/1 alias 12.12.12.1. Oke……. mari ke konfig…. yeay…!!

iBGP Configuration @R1

2 R1 cfgKonfig di R3 silahkan disesuaikan sendiri, mirip mirip dengan R1 kok, (1)Enable BGP, (2)Advertise networknya (aku pake redistribute connected aja biar keredistribute semua yang konek di R1..hehe, di lapangan silahkan disesuaikan), (3)update source, sama (4)buat jalur supaya konek ke loopback R2, aku pake static route. Next ke R2, agak beda dikit karena kita mainin Grouping dan router reflector disini

3 R2 cfg

Di R2 konsepnya (1)enable BGP, (2) advertise network, untuk groupingnya kita perlu (3) bikin session-group, disini nanti define remote-as berapa, update source dari mana dll, pokoknya bab session deh, bisa ditambah atrribut lain yang ada disitu, lalu (4) bikin neighbor-group, ngasih attribut buat si neigbors. lalu (5) define neigbor+use neighbor-group mana, dah tinggal (6) bikin rute ke IP Peer supaya bisa adjacent πŸ™‚

Oke diatas kita pake Route Reflektor di R2 kan buat reflecting routes from R3 and R2. mari kita lihat pergerakan advertise prefixnya, dulu aku pernah bilang kan di IOS-XR pergerakan prefixnya lebih enak dibaca (menurutku)

4 pergerakan routesNah loh, kelihatan kan prefix advertisenya, dari mana diadvertise kemana, dari local R2 advertised ke R3 (3.3.3.3) and R1 (1.1.1.1), also routes from R1 forwarded to R3 vice versa because of route reflector πŸ™‚

next mari kita cek routing table di R1 atau R3 (sama aja), ane ambil R3 deh

5 R3 sh ip rouLoh kok di Loopback R1 nggak masuk di routing tablenya R3??!! bukannya tadi prefixs R1 udah diforward sama R2 ke R3??!! Mari cek ip bgp di R3 dulu, apakah prefixs dari R1 dan masuk di ip bgp R3??

6 R3 ip bgp

Weww….. prefixs dari R1 dah masuk di IP BGP R3 tapi nggak masuk routing table. Anu, itu di ip BGP buat ke prefixnya R1 kok next-hopnya 1.1.1.1??! bukannya 1.1.1.1 nggak reachable dari R3 yaa? yup betoolll…. ingat, di iBGP, embel-embel next hop tetep nempel di route update walaupun route update itu sampe kemana-mana di iBGP, supaya prefix yang diavertise tadi reachable, maka harus reachable pula next-hopnya. Caranya?? yaa kayak yang aku bilang tadi, bisa pake static route, ato dynamic routing IGP macem OSPF, EIGRP, RIP…. gampangnya karena lab disini kecil aku pake static route aja deh…haha… kalo lab kalian gede lebih nyaman pake dynamic routing IGP πŸ™‚

7 add static routeadd static route to 1.1.1.1 (next-hop of R1 advertised prefixes), then let’s see ip bgp

8 sh ip bgpOkehhh… mantab, dah ada tanda “>” (best) nya tuh untuk arak ke prefixnya R1. kembali ke Routing table

9 sh ip rouPing Ping Ping…….!! supaya kelar nih post…haha…

10 pingJuoosss….. sip dah semua dah konak, eehh konek.. jadi point penting di lab kali ini mengenai ‘why loopback peering’ dengan kelebihannya, route reflektor, neighbor grouping di BGP buat case misal mau peering banyak neighbor yang attributnya sama, daripada ngetik berulang-ulang, mending dibuat group tinggal define use group bla bla bla… lebih hemat hurup… πŸ™‚

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s