iBGP Physical Peer on IOS-XR

IOS-XR again, now about iBGP peering with physical interface IP address. I just using 2 routers in this lab, just peering, no RR, no Confederation, i will post later about RR a.k.a Route Reflector in iBGP. (ceileeehhh…. sok inggris..wkwk)

Jadi Lab kali ini cukup sederhana, cuma 2 biji router cisco IOS-XR based. Nanti silahkan dibandingkan what is the different between configuring iBGP in IOS and IOS-XR (kalo ada bedanya sih..haha…). Skenarionya JOGPOP-XR1 peering ke JKTCBR-XR1. JOGPOP bakal ngeadvertise semua connected networknya, sedangkan JKRCBR hanya akan mengadvertise network 2.2.2.2/32. AS Number yang kita pake adalah 4800 [hayo ASNnya siapa tuh??haha.. ceritanya nostalgia masa lalu :3 ] . Topologi seperti ini nih :

topo

 

Asumsi ip address sudah dikonfig sesuai skenario ya, tinggal konfig BGPnya doang. Mari kita mainkan :

1. JOGPOP cfg

1 jog cfg

 

nggak jauh beda kan, kalo diperhatikan bener2 aslinya config-tree-nya mirip kyk di IOS. kalo do IOS define network yang diadvertise langsung di sub-config router bgp, kalo di IOS-XR didalem sub-tree address-family. Contoh diatas bakal ngeadvertise semua connected network di JOGPOP-XR1. Define neighbor juga mirip, susunannya neighbor x.x.x.x embel-embel, cuma kalo di IOS disambung penulisannya, nah kalo di IOS-XR bisa disambung bisa dipisah (kyk diatas), dan didalem neighbor kita define juga dia running di address-family apa.

2. JKTCBR-XR2 cfg

2 jkt cfg

 

like config @JOGPOP-XR1, just a bit different in advertised network. Here we define what is network will advertised to neighbor 🙂

3. Verification

Ane verifikasi di JOGPOP-XR1 nih, mari kita pastikan neigborship antara JOGPOP-XR1 dan JKTCBR-XR2 sudah “akur” (establised). Kalo nggak akur mana mau mereka bertukar informasi…haha…

3 verifi sh bgp summ

 

Oke, neighbor, yang perlu diperhatikan disini untuk memastikan neighbor sudah akur “Wajib Hukumnya” di St/PfxRcd alias State/PrefixReceive mempunyai nilai, entah berapa nilainya, 0 (enol) juga tidak apa2. Kalo dia udah punya nilai berarti dia udah bisa “ngobrol” sama neighbornya dan itu adalah nilai PrefixReceive. Kalau dia belum ada nilainya jadi dia fasenya masih di “State” yang kemungkinan statenya bisa Idle, Connect, Active, OpenSent, OpenConfirm, Established. Nah state-state itu ibaratnya router masih berusaha ngobrol & kenalan, belum bener-bener adjacent 🙂

next kita cek prefix (network) berapa aja sih yang diadvertise router dan kemana ada dia advertisenya

4 verify advertised

 

look at that, we can get info about what have advertised and to who it advertised (bener nggak nih grammarku -_-)

Next, last verify, routing table. Make sure prefixs yang diadvertise JKTCBG-XR2 sudah diterima di JOGPO-XR2 dan harusnya masuk ke routing table karena memang itu satu-satunya route yang dia punya 😀

5 routing table

Yap, prefix masuk routing table. btw kalo mau lihat prefix berapa aja yang diterima dari BGP bisa pake command show bgp ipv4 unicast

 

Next mari kita uji, pastikan konektifitasnya, disini harusnya JOGPOP-XR1 bisa ping IP loopback JKTCBR-XR2 dan sebaliknya. Let’s check :

6 ping

 

Sippp… mantab. Yak sederhananya seperti itu, mari kembangkan lagi. Next about iBGP Route Reflector (RR)…..oyeahh…haha…

One thought on “iBGP Physical Peer on IOS-XR

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s