Maaf mas, saya tidak punya uang kembalian…..

Pak%2BSarno%2BTukang%2BSol%2BSepatu[1]Cuaca hari ini sangat sangat panas. Mbah sarno terus mengayuh sepeda tuanya menyisir jalan perumahan condong catur demi menyambung hidup. Mbah sarno sudah puluhan tahun berprofesi sebagai tukang sol sepatu keliling. Jika orang lain mungkin berfikir “mau nonton apa saya malam ini?”, mbah sarno cuma bisa berfikir “saya bisa makan atau nggak malam ini?”

Di tengah cuaca panas seperti ini pun terasa sangat sulit baginya untuk mendapatkan pelanggan. Bagi mbah sarno, setiap hari adalah hari kerja. Dimana ada peluang untuk menghasilkan rupiah, disitu dia akan terus berusaha. Hebatnya, beliau adalah orang yang sangat jujur. Meskipun miskin, tak pernah sekalipun ia mengambil hak orang lain.

Jam 11, saat tiba di depan sebuah rumah mewah di ujung gang, diapun akhirnya mendapat pelanggan pertamanya hari ini. Seorang pemuda usia 20 tahunan, terlihat sangat terburu-buru.

Ketika mbah sarno menampal sepatunya yang bolong, ia terus menerus melihat jam. Karena pekerjaan ini sudah digelutinya bertahun-tahun, dalam waktu singkat pun ia berhasil menyelesaikan pekerjaannya.

“wah cepat sekali. Berapa pak?”

“5000 rupiah mas”

sang pemuda pun mengeluarkan uang seratus ribuan dari dompetnya. Mbah sarno jelas kaget dan tentu ia tidak punya uang kembalian sama sekali apalagi sang pemuda ini adalah pelanggan pertamanya hari ini.

“wah mas gak ada uang pas ya?”

“nggak ada pak, uang saya tinggal selembar ini, belum dipecah pak”

“maaf mas, saya nggak punya uang kembalian”

“waduh repot juga kalo gitu. Ya sudah saya cari dulu sebentar pak ke warung depan”

“udah mas nggak usah repot-repot. Mas bawa dulu saja. Saya perhatikan mas lagi buru-buru. Lain waktu saja mas kalau kita ketemu lagi.”

“oh syukurlah kalo gitu. Ya sudah makasih ya pak.”

=============================================================

jam demi jam berlalu dan tampaknya ini hari yang tidak menguntungkan bagi mbah sarno. Dia cuma mendapatkan 1 pelanggan dan itupun belum membayar. Ia terus menanamkan dalam hatinya, “ikhlas. Insya allah akan dapat gantinya.”

ketika waktu menunjukkan pukul 3 lebih ia pun menyempatkan diri shalat ashar di masjid depan lapangan bola sekolah. Selesai shalat ia berdoa.

“ya allah, izinkan aku mencicipi secuil rezekimu hari ini. Hari ini aku akan terus berusaha, selebihnya adalah kehendakmu.”

selesai berdoa panjang, ia pun bangkit untuk melanjutkan pekerjaannya.

Ketika ia akan menuju sepedanya, ia kaget karena pemuda yang tadi siang menjadi pelanggannya telah menunggu di samping sepedanya.

“wah kebetulan kita ketemu disini, pak. Ini bayaran yang tadi siang pak.”

kali ini pemuda tadi tetap mengeluarkan uang seratus ribuan. Tidak hanya selembar, tapi 5 lembar.

“loh loh mas? Ini mas belum mecahin uang ya? Maaf mas saya masih belum punya kembalian. Ini juga kok 5 lembar mas. Ini nggak salah ngambil mas?”

“sudah pak, terima saja. Kembaliannya, sudah saya terima tadi, pak. Hari ini saya tes wawancara. Telat 5 menit saja saya sudah gagal pak. Untung bapak membiarkan saya pergi dulu. Insya allah minggu depan saya berangkat ke prancis pak. Saya mohon doanya pak”

“tapi ini terlalu banyak mas”

“saya bayar sol sepatu cuma rp 5000 pak. Sisanya untuk membayar kesuksesan saya hari ini dan keikhlasan bapak hari ini.”

=============================================================

Quote:

tuhan punya cara tersendiri dalam menolong hamba-hambanya yang mau berusaha dalam kesulitannya. Dan kita tidak akan pernah tahu kapan pertolongan itu tiba.

Keikhlasan akan dibalas dengan keindahan.

ref : fb note om stanza

176 thoughts on “Maaf mas, saya tidak punya uang kembalian…..

  1. kami pernah alami juga, mau cicil rumah gak ada duit… pendapatan saya saat itu pas2 an jadi telat karena saat itu sudah 2 bulan suami lagi cari kerjaan dan uang tabungan yang dipinjam saudara belum bisa dikembalikan karena saudara masih dalam masa sulit. kami ikhlas sambil berdoa semoga suami segera dapat kerjaan. langsung suami dapat kerjaan dalam bulan yang sama dengan gaji besar sehingga malah dalam 3 bulanan dapat membayar lunas semua sisa hutang kredit rumah yang baru jalan setengah periode hutang. tidak pernah menyangka!

  2. ceritanya bgus dan inspiratif..cuma agak membingungkan, di awal dia bilang uang tinggal selembar blom di pecah, trus abis asar dia punya 5 lembar seratus ribuan… hehhehe

    1. Maksudnya mungkin bgini, tinggal selembar ya yg didompet tp di ATM ada banyak…kan bs aja dia buru2 naik taksi atau naik mobil pribadi and uangnya 100rb dipakai buat bayar taksi atau dia mengisi bahan bakar u kendaraan pribadinya..begitu selesai karena sisa uangnya tinggal sedikit dia pergi ke ATM ngambil sejumlah uang…dan kebetulan ketemu bapak tsb.

      1. Ga aneh-aneh amat lah. Saya alhamdulillaah juga punya uang dan juga punya sepatu yang bolong (sol bagian depan sudah lepas sedikit). Belum saya perbaiki karena masih oke aja dipake, tapi mungkin kalau mau wawancara untuk tawaran pekerjaan ke Prancis ya akhirnya dijahit juga kalau belum ada waktu beli sepatu baru.

  3. Kadang kita ga sadar akan Rizki yang kita terima setiap harinya, kadang kita juga mengeluh atas apa yang kita lakukan sehingga ga dapat hasil yang baik.

    I like It

  4. Subhanallah, sangat menginspirasi dan terharu saya membaca postingan dari Mas Agus. BTW dapet beasiwa ke Perancis, Mas?

  5. Dua manusia yang memiliki kebaikan hati yang jarang dimiliki banyak orang, apalagi di zaman modern seperti ini. Momen ini benar-benar bermakna bagi keduanya.

    Semoga semua setelah membaca ini, berlomba-lomba menyebarkan kebaikan hatinya.

    Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta~

  6. Bismillah,
    Kadang kita tidak sabar dalam menjalani kehidupan ini, sehingga akhirnya kita melakukan perbuatan seperti mencuri, korupsi, mark-up anggaran dan lain-lain.
    Ikhlas dan Sabarnya tokoh “Mbah Sarno” adlah cermin adanya iman di dalam hati. Sunggu sebuah tauladan yang sangat baik untuk menjalani kehidupan hari ini dan selanjutnya.

    Jazakallohukhoiron kepada yang mengupload cerita ini, dan
    Barokallahufikum kepada tokoh “Mbah Sarno” dan kita semua yang meneladaninya

    wallohu’alam

  7. kalau sekedar materi duniawi…itu sangat gampang, sepele & kecil…kecil sekecil-kecilnya bagi Allah untuk dipenuhi…saking sepelenya sampai² ada hadist nabi yang mengatakan :

    “Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”(HR. Muslim725).

    Matahari kita hanya sekecil atom ditata surya & alam semesta, apalagi planet bumi ini, sebut saja Batelgeuse, Antares, VY Canis Majoris (monster’s sun), baru² ini ilmuwan NASA dengan teleskop hubble-nya menumukan
    Ultramassive Black Hole (lubang hitam yg maha besar) – yaitu, lubang hitam yang saat ini bisa menyedot tata surya dengan daya tampung kurang lebih sekitar 10 miliar matahari – mungkin tidak langka, dan bahkan beberapa puluhan lubang hitam kolosal mungkin ada …sumber : Julie Hlavacek-Larrondo of Stanford University and her team with NASA
    Subhanallah!!

    Semua urusan yg ada di atas bumi plus peri kehidupan yg ada di dalamnya bisa dibayangkan betapa kecilnya…
    yuk kita “Zuhud”

    Zuhud merupakan sifat mulia orang beriman karena tidak tertipu oleh dunia dengan segala kelezatannya baik harta, wanita, maupun tahta. Zuhud bukan berarti meninggalkan dunia. Tapi, orang beriman beramal shalih di dunia, memakmurkan bumi, dan berbuat untuk kemaslahatan manusia, kemudian mereka meraih hasilnya di dunia berupa fasilitas dan kenikmatan yang halal di dunia. Pada saat yang sama, hati mereka tidak tertipu pada dunia. Mereka meyakini betul bahwa dunia itu tidak kekal dan akhiratlah yang lebih baik dan lebih kekal. Sehingga, orang-orang beriman beramal di dunia dengan segala kesungguhan bukan hanya untuk mendapatkan kenikmatan sesaat di dunia, tetapi untuk meraih ridha Allah dan surga-Nya di akhira

    Wallahualam bissawab….smg bermanfaat

    1. Jadi pesimis ngejalani hidup didunia kalau mencermati kalimat ini”kalau sekedar materi duniawi…itu sangat gampang, sepele & kecil…”La ini nyarikan makan anak dua aja koq punggung ama kepalaku sakit semua 😉 nggak ngeluh sih,tapi rasanya nggak segampang dan sepele…

  8. kalau jujur dan iklas allah swt akan mengembalikan 10 x lipat karena hal seperti ini juga pernah saya alami.. semoga ini juga pembelajaran bagi orang orang yang tidak mau iklas dan jujur dalam menghadapin hidup.

  9. Sebuah kisah yang bisa membangkitkan semangat orang-orang yang tidak pernah berputus asa untuk meraih rezeki dari-Nya. Ikhtiar, tawakal dan doa adalah senjata ampuh untuk melawan kesulitan hidup. Tetap Semangat Mbah Sarno…Engkau beri tauladan kepada kami…

  10. Jika orang lain mungkin berfikir “mau nonton apa saya malam ini?”, mbah sarno cuma bisa berfikir “saya bisa makan atau nggak malam ini?” — Nendang banget nih..

  11. Cerita yg menarik… sampai menggugah perhatian pembaca utk menambahkan jalan cerita tambaha yah…. Tapi kisah ini mmg inspiratif skali

  12. Padahal aq dah pernah baca ini sblmnya, tpi tetep aja pngen baca lagi…..
    *Ya Allah jadikan hamba orang yg selalu ikhlas …. Amin

  13. Kalo saya malah pernah dipalak ama tukang sol >.< Padahal sebenernya awalnya kasian liat bapak2 tua tapi masih keliling ngesol. Ternyata saya malah ditipu dikenaian harga 3 kali lipat. hehe

  14. aku mmg termasuk yg beruntung, tp salah gak ya klo aku pengen kerja dkt anak istri, udh hampir 6thn kerja jauh, skrg ku kuatkan tekadku utk cr kerjaan di kotaku, atau coba berwira usaha dgn modal 3jt. allah swt maha bijaksana. allah swt tahu usaha dan doaku aku yakin, insyaallah.

  15. orang indonesah demen sekali cerita seperti ini ya, bisa dishare di facebook ampe 10 ribu lebih. Coba cerita ada anak muda yang mati-matian buka bisnis sampe bisa jadi milyuner, pasti nggak terlalu diperhatikan. Kasusnya sama seperti cerita “nenek yang mencuri singkong karna lapar” hebohnya luar biasa, padahal setelah ditelusuri ceritanya hoax asli bikinan.

    Bukannya no respect dengan kejadian seperti ini, tapi apa boleh dibilang orang sini memang lemah gemulai dan lunglai. Memang intinya adalah iklas dan baik hati. Tapi bangsa indonesa butuh tangguh dan kerja keras, so stop cerita mehe-mehe dan rajinlah share cerita inspiratif penuh usaha dan kerja keras tidak hanya mengandalkan iba tuhan.

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s