Panen Padi di kampung halaman (Nyeblakke pari) :D

Bapakku nembe nggepyok2e pari
Bapakku nembe nggepyok2e pari

 

Waaahhhh…. tak terasa udah 2 tahun lebih dikit aku sering maen ke jakarta. Tahun 2012 aku di jakarta 1 bulan+1minggu doang..wkwk… tahun kemaren sekitar 2 bulan+1minggu, nah tahun ini kemungkinan sekitar 11 bulan di Jakarta vroh, alias dibulatin aja 1 tahun full!!. Kadang kalo lihat foto-foto, jadi inget masa-masa di kampung halaman dulu (ceileh kyk dah bertaun2 merantau aja..wkakwkak). Walau cuma pake kamera HP doang, tapi seneng kali aku ambil foto disetiap momen yang menurutku menarik. Nah salah satunya momen disaat panen padi atau orang didaerahku nyebutnya “nyeblakke pari”. Dulu jaman aku masih kecil, kisaran SD, seru tuh, setiap panen pasti ada yang bawa makanan ke sawah buat dibagi-bagiin. Filosofinya sih sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen gitu. Namanya ‘mentik’ kalo nggak salah. Menunya nasi anget, sambel kedelai sama ikan asin, dah gitu doang tapi rasanya dah mantab tuh.

Jaman dulu biasanya kami ‘nyeblakke pari’ pake alat tradisional. Papan kayu dibuat miring, terus padi di pukul2kan ke papan miring tadi (aku bingung jelasine..haha)… nah jaman semakin maju, beberapa sekarang dah pada bikin alat sendiri pake mesin disel ukuran kecil, lebih ringan dah sekarang kerjaannya.

Biasanya kami ke sawah buat panen padi mulai dari pagi hari, biasanya sesaat sebelum matahari terbit atau sekitar jam setengah 6an di daerahku. Jam segitu masih seger, belum panas, jadi kalo buat kerja di sawah masih enak, minus masih banyak embun.

Sebenere nggak sering juga sih aku disawah, Masku yang lebih rajin ke sawah, aku lebih sering bantu si Ibu masak. mohon maklum karena 2 orang anak laki semua..haha…

Yaaa begini nih, serunya merantau. Jadi bisa kangen sama kampung halaman, bisa jadi kangen sama keluarga. Rasanye ditelpon/nelpon saudara/keluarga doang itu udah beda banget antara pas merantau sama pas dirumah. Gw nggak yakin kalo yang pada nggak merantau itu bisa merasakan seperti ini..haha… Ayo mumpung masih muda bepetualang dulu, melihat dunia, siapa tau nemu rejekinya memang di tempat rantau πŸ˜€

Btw jangan sangka kalo kehidupan di kampung itu primitif. Di kampung apa-apa juga ada, bahkan kalo mau makan malah ibaratnya tinggal metik sayur/buah dari kebun. Kehidupannya lebih tentram, nyaman, rasa gotong-royong yang lebih kerasa. Hubungan antar tetangga juga lebih erat daripada di kota. Coba deh kapan2 ke kampung, pelajari kultur budaya disitu. Mantab pasti πŸ™‚

Dah deh, ini nih lampiran foto-foto nostalgia masa di kampung halaman dulu (beberapa foto diambil dari google :p )

Panen padi
Panen padi
Panen padi versi manual - gambar dari google
Panen padi versi manual – gambar dari google
Membawa pulang gabah hasil panen - gambar dari google
Membawa pulang gabah hasil panen – gambar dari google

4 thoughts on “Panen Padi di kampung halaman (Nyeblakke pari) :D

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s