Kasih Makan Rusa Tutul Imporan Istana Bogor di Candi Prambanan, Yogyakarta

Rusa Tutul Candi Prambanan
Rusa Tutul Candi Prambanan

Seumur-umur di Jogja, aku malah baru tau kalo ternyata di Candi Prambanan juga ada Rusa Tutul. Ciyuss :3 . Alkisah pada hari minggu awal tahun 2013 aku sempatin gowes ke arah prambanan, lewat sebelah timur candi prambanan eehhh…. kok ada rusa, mampir dulu deh. Rusa-rusa itu imporan dari rusa tutul yang di istana Bogor katanya. Dulu pertama kali didatangkan dari Istana Bogor ada 12 ekor. Lalu di tempat penangkaran ini jadi berkembang biak, jd banyak deh sekarang (perkiraanku dah sekitar 30an ekor deh).

Sekalian istirahat sehabis nggenjot sepeda sekitar 12 KM (Piyungan-Prambanan), gw ikut iseng orang-orang yang juga berhenti disini kasih makan si rusa pake sayuran atau metik rumput di sekitar lokasi. Seruuu… ternyata, kalo dilihat lebih dekat lagi, ternyata rusa-rusa ini lucu bener. Yang difikiran gw “gimana ceritanya rusa-rusa ini kulitnya bermotif polkadot gini ya?” :v

Disini selain gw, ada ibu-bapak kasih makan rusa bareng anaknya yang masih kecil, ada sejoli juga yang gw jg heran pagi-pagi gini udah pacaran aja :3 (gw di lokasi sekitar pukul 7 pagi). Tapi gw akui, ternyata menyenangkan sekali kasih makan hewan itu, rasanya jadi pengen ikut pelihara juga….haha…. Apa karena golongan darah gw B ya? kata orang, orang yang bergolongan darah B itu biasanya dekat dengan alam, suka dengan yang nature-nature gitu deh, termasuk ternak berternak 😀

Oke dah, sekian mengenai rusa tutul. Bagi yang minat nengok si Rusa-Rusa Polkadot  ini bisa ke candi prambanan, tepatnya pintu masuk timur candi prambanan ke atah utara lagi sekitar setengah kilo. Dah nemu deh daerah situ tempat si Rusa Polkadot alias Rusa Tutul ini 🙂

Btw rusa tutul di Jogja, selain di candi prambanan, ternyata di kompleks kampus UGM juga ada. Tepatnya di utara Masjid Agung UGM, utaranya gelanggang, selatan fakultas pertanian. Tapi kalo yang ini belum pernah dateng mendekat gw mah, baru sekilas pernah lihat aja pas dulu lewat sana.

Rusa Polkadot timur candi Prambanan
Rusa Polkadot timur candi Prambanan
Rusa Polkadot timur candi Prambanan
Rusa Polkadot timur candi Prambanan

Komen dimari gann....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s